Jumat, 27 Maret 2009

BLOK MAGNET


Blok magnet adalah tempat dimana magnet dan komponen penghasil listrik berada, hampir semua kendaraan bermotor dilengkapi oleh magnet dan spul, karena dari sinilah kendaraan bermotor mendapatkan suplai arus listrik untuk digunakan ke komponen motor yang membutuhkan listrik.

SPUL
Spul adalah inti besi/ magnet yang dililit oleh kawat email.
Spul sendiri ada 2 type, yaitu:

1. Spul kering
Spul tidak mendapatkan pelumasan/ pendingin oli.
- Kerugianya, spul mudah terbakar, magnet cepat berkarat, spul dan magnet tidak mendapat pendinginan.
- Keuntunganya, putaran magnet ringan, kerja pulser menghasilkan sensor lebih optimal, magnet tidak cepat kotor.

2. Spul basah.
Spul dan magnet mendapatkan pelumasan/ pendinginan oli.
- Kerugianya, putaran magnet berat, kerja pulser menghasilkan sensor kurang optimal, magnet cepat kotor oleh gram (kotoran dari besi hasil gesekan).
- Keuntunganya, spul dan magnet mendapatkan pendinginan oli, spul lebih awet, magnet tidak mudah berkarat.

Spul pada motor astrea series.
Spul dan magnet pada motor jenis ini adalah menggunakan spul kering.
Spul pun terbagi menjadi 4 bagian,

1. Spul CDI,
Ciri ciri:
- Terbungkus isolator/ penghambat panas.
- Kabel berwarna hitam garis merah.
- Kawat email berdiameter kecil, kisaran 0,10-0,15.
Fungsinya untuk sumber arus listrik yang akan diteruskan ke CDI dan digunakan untuk pengapian.

2. Spul pulser
Ciri ciri:
- Kabel menggunakan warna biru garis kuning.
- Spulnya terpisah.
Fungsinya untuk menghasilkan arus sensor pengapian yang akan dikirimkan ke CDI guna membuka SCR.

3. Spul penerangan
Ciri ciri:
- Kabel menggunakan warna kuning.
Fungsinya untuk menghasilkan arus listrik guna menghidupkan penerangan pada bohlam motor.

4. Spul pengisian
ciri ciri:
- Kabel warna putih.
Fungsinya guna sebagai sumber arus listrik yang akan diteruskan untuk mengisi arus di accu.


RANTAI TIMING

Rantai timing ada 2 type:
1. Type roller
cont: pada mesin astrea series.
Keuntunganya:
Bagian luar rantai dapat berfungsi untuk memutar rantai.
Kerugianya:
Rantai kurang kokoh.
Rantai cepat aus.
Cepat timbul suara.

2. Type cylent
cont: pada motor shogun, jupiter, tiger.
Keuntunganya:
Rantai kokoh.
Rantai awet.
Suara rantai lebih halus.
Kerugianya:
Sisi luar rantai tidak dapat memutar gigi.


TENSIONER
Ada dua type
1. Type otomatis hidrolis.
Cont: pada motor astrea series.
Cara kerja: Saat rantai timing aus, batang tensioner akan didorong oleh per tensioner, yang kemudian ditahan oleh oli agar batang tensioner tidak kembali ke semula sehingga kekencangan rantai timing dapat terjaga.

2. Type otomatis mekanis.
Cont: pada motor sogun, jupiter dll.
Cara kerjanya:
Saat rantai timing mengalami keausan batang tensioner didorong oleh per tensioner kemudian untuk penahan menggunakan mekanisme pengunci dengan bekerja secara otomatis.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Kontol